5 MAKANAN DAN MINUMAN BAGI PENDERITA DIABETES MELLITUS


Penderita kencing manis memang sangat dianjurkan untuk menjalani diet diabetes mellitus. Tujuan dilakukan diet diabetes mellitus adalah untuk mendapatkan kembali kadar gula darah yang stabil.
Seperti halnya diet yang dijalani orang normal, diet diabetes melitus nantinya juga akan mengurangi porsi makanan jenis tertentu.


Berikut adalah makanan dan minuman untuk menjaga kestabilan gula darah:

1. Gandum


Gandum sangat baik bagi kesehatan. Konsumsi rutin sangat dianjurkan untuk penderita kencing manis mengingart kandungan seratnya yang tinggi akan menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Selain itu, gandum juga mengandung karbohidrat komples yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah.





 
2. Kacang-kacangan



Kacang-kacanganjuga dianjurkan untuk dikonsumsi penderita kencing manis ketika sedang menjalani diet untuk diabetes melitus karena terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah.








3. Mengkudu

Mengkudu dikenal sebagai tanaman buah obat yang dapat menurunkan kadar gula darah. Sayangnya tidak semua jenis mengkudu memiliki khasiat yang sama bagi kesehatan. Hanya mengkudu jenis terbaiklah yang terbukti dapat membantu menurunkan kadar gula darah, meningkatkan kerja pankreas, meningkatkan sensitifitas tubuh terhadap insulin serta meningkatkan kekebalan tubuh terhadap berbagai macam penyakit.

4. Sayuran hijau


Sayuran hijau sangat kaya akan nutrisi. Karenanya konsumsi sayuran hijau selalu dianjurkan, apalagi untuk penderita kencing manis yang memang harus selalu menjaga kestabilan kadar gula darahnya.
Kandungan serat pada sayuran hijau sangat bermanfaat dalam hal menghambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar gula darah akan dapat selalu dijaga kestabilannya mengingat sudah tidak ada lagi yang bertugas mengontrolnya.

5. Teh


Konsumsi teh secara rutin di pagi hari mampu membantu kelancaran peredaran darah sehingga membuat tubuh menjadi lebih segar. Teh sangat dianjurkan utnuk dikonsumsi bagi penderita kencing manis, karena kandungan antioksidan dalam teh dapat membantu menangkal serangan radikal bebas, khususnya infeksi berbagai macam penyakit.



 Itulah 5 makanan dan minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi bagi penderita kencing manis atau diabetes mellitus.
Semoga bermanfaat. Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar